Bagian Mobil yang Perlu Diperhatikan kalau Terhujani Abu Vulkanik

0
109

Seperti diketahui, abu vulkanik memiliki kandungan yang berbahaya apabila terhirup manusia, namun apakah kandungan yang sama juga berbahaya bagi komponen yang ada di kendaraan?

Menurut Technical Support Auto 2000 Agus Mustafa, tidak ada yang perlu ditakutkan dari abu vulkanik yang menghujani mobil ataupun masuk ke mesin, karena debu vulkanik tidak ada bedanya dengan debu jalanan dan tidak punya dampak langsung bagi kendaraan roda empat kamu.

“Enggak ada masalah, mau kena body mobil atau komponen lain, selayaknya kaya berkendara di jalanan berdebu atau lagi off-road aja, kan enggak masalah jadi enggak usah dibawa panik, seperti biasa aja tutup jendela mobil sama sirkulasi udara dari luar,”

Namun apabila sudah terlanjur berada di perjalanan dalam kondisi hujan abu vulkanik, Agus menerangkan komponen utama yang mungkin terimbas adalah filter udara yang cepat kotor karena tugasnya menyaring debu.

“Paling filter udara saja yang cepat kotor, kalau kotorannya numpuk di filter kan udara yang masuk sedikit, paling tenaganya berkurang, jadi rajin-rajin bersihin filter udara saja. Enggak usah ganti, minta bantuan semprotin angin (dengan kompresor) tambal ban pinggir jalan masalah selesai. Kecuali kalau udah kotor banget menghitam, lho ya,” tambah Agus.

Meski begitu Agus juga menjelaskan material abu vulkanik seperti bubuk semen, sehingga apabila menghujani kaca mobil khususnya, jangan langsung dibersihkan dengan wiper karena membuatnya lengket di kaca.

“Paling kalau kena kaca depan itu jangan langsung disemprot terus diusap pakai wiper, malah jadi semen nantinya kaya lengket berlumpur gitu, caranya bersihin pakai kemoceng biar debunya turun, kalau sudah terlanjur lengket paling buru-buru disiram atau disemprot air seluruhnya,” tutup Agus.