Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Yang Bergaris

0
235

Jika hasil cetak printer anda putus – putus, bergaris, atau bahkan tidak keluar sama sekali, maka kemungkinan besar head printer anda buntu.

Kenapa Head Printer bisa buntu ? Berikut ini penyebabnya :

1. Printer jarang di gunakan.
2. Jarang sekali melakukan maintain misalnya print head cleaning.
3. Sering berganti ganti jenis dan merk tinta.
4. Terlambat untuk mengisi ulang tinta, sehingga terjadi overheat / kepanasan pada head catridge.

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Yang Bergaris, lakukan proses cleaning dengan software bawaan printer pada menu maintenance. Jika proses cleaning dengan software masih tidak membuahkan hasil Anda bisa melakukan langkah berikut.

1. Aliran tinta tidak lancar,
Dengan tidak lancarnya aliran tinta , maka otomatis keluarnya tinta dari nozzle catrid juga terganggu sehingga hasil print bergaris. Saran : gunakan part tambahan berupa damper infus agar aliran tinta menjadi stabil dan lancar, alat ini untuk mengatur tekanan udara pada selang infus.

2. Head catridge tersumbat.
Tersumbatnya head catrid ini bisa disebabkan oleh tinta yang kotor tercampur debu atau bisa juga karena tinta yang menggumpal. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan alat penyedot catridge atau bisa melakukan proses deep cleaning 2x berturut-turut.

3. Head Catridge sudah lemah
Cirinya yaitu, jika ujung head di tempel dengan tissu, semua warna tinta keluar normal, akan tetapi jika dipakai untuk print, hasil print nya bergaris. Ini menandakan Head Catridge sudah lemah. Solusi sementara adalah mengubah settingan print menjadi kualitas High atau Foto. Tapi saran saya catridge harus segera diganti, agar kerusakan tidak merembet ke board.